Beban kerja, kesibukan atau seabrek masalah di kantor tak jarang membuat
kita dilanda stres. Namun semua itu bisa diatasi, asal tahu caranya.
Jangan
sampai stres yang melanda justru membuat kinerja Anda menurun. Ada
beberapa cara untuk menghilangkan stres yang dirasakan di kantor. Ini
dia!
1. Tarik nafas panjang
Cara ini adalah cara paling mudah
untuk menenangkan diri. Telah banyak penelitian yang membuktikan,
menarik nafas panjang dapat membuat aliran darah serta oksigen di otak
kembali teratur. Sehingga saat menarik nafas panjang, seseorang akan
merasakan kenyamanan dan rasa rileks. Berhentilah sejenak dari
pekerjaan, lalu tariklah nafas panjang selama 5-10 menit. Anda akan
merasa lebih tenang, dan stres yang melanda akan mereda.
2. Bergerak
Beranjaklah
dari kursi Anda, lalu berjalan-jalanlah sejenak. Jika memungkinkan,
keluarlah dari gedung kantor sesaat untuk menikmati terpaan angin dan
sinar matahari. Bergerak akan membantu otot-otot Anda yang kaku menjadi
lebih santai dan rileks. Hal itu juga bisa membantu menghilangkan stres.
3. Tertawa
Tertawa
bisa merangsang hormon endorfin atau lebih dikenal dengan hormon
"bahagia". Dengan tertawa, segala beban Anda akan terasa lebih ringan.
Melihat video lucu, membaca buku humor atau bersenda gurau sesaat dengan
rekan kerja dapat menjadi pilihan Anda.
4. Gunakan sandal jepit
Ini
terkesan sederhana, namun dengan sedikit bergaya santai, Anda akan
merasa lebih tenang. Tak perlu memakai sandal jepit dari rumah, cukup
ganti sepatu Anda dengan sandal yang telah Anda sediakan di kantor. Anda
akan merasa lebih rileks.
5. Ganti suasana
Jika memungkinkan,
coba minta izin dengan atasan Anda untuk bekerja dari tempat lain.
Misalnya kedai kopi yang nyaman. Suasana yang berbeda akan membuat
pikiran Anda lebih terbuka.
Selamat mencoba!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar