Efek kompersi (Compresor) adalah efek yang berhubungan dengan volume.Efek ini berkerja dengan cara
mengurangi suara yang terlalu keras dan menaikan suara yang lembut.Hal ini membuat cakupan
dinamika gitar lebih kecil dan sering terdengar "halus" dalam suara band lengkap.
Kompresor acpkali digunkan untuk memperketat permainan rhytm dan atau menggemukan solo gitar.
Namun pada umumnya efek ini digunakan sebagai limiter.Jika sinyal gitar mencapai sinyal tertentu, kompresor
akan menahan sinyal tersebut sehingga tidak bertambah keras.Pengatur ambang pada kompresor gitar biasanya sudah
disetel pada derajat tertentu (tergantung pabrikannya tentu).
akan menahan sinyal tersebut sehingga tidak bertambah keras.Pengatur ambang pada kompresor gitar biasanya sudah
disetel pada derajat tertentu (tergantung pabrikannya tentu).
Kebanyakan gitaris salah paham dengan efek kompresor ini.Mereka menyamakan efek ini dengan
efek dirtosi.Oleh karena itu ikutilah beberapa saran yang berguna dib awah ini :
-Jika kamu bermain rhytm, setel attack agak lambat dan kurangi sustain (Threshold)
-Jika kamu bermain solo maka setel sustain lebih mengalir dan setel attack lbh cepat.
-Karena efek ini cendrung mengurangi treble gitarmu maka imbangi dengan setelan eq pada
pedal efekmu atau pada eq ampli gitarmu.
-Tempatkan efek ini pada awal rantai efek sebelum distorsi, itupun kalau kau menghargai
genderang telingamu.
-Jika ingin mendapat efek wah-wah yang stabil, tempatkan efek ini setelah efek wah-wah.
-Selalu gunkan kompresor saat rekanman (agar suara gitarmu terdengar lebih profesional). Read Full...
Delay
Delay adalah echo sederhana,artinya suara gitar yang dimainkan kembali setelah nada pertama yang
dimainkan (terdengar),bisa berupa pengulangan satu kali atau bisa berupa pengulangan beberapa
kali.Pada tahun 50'an,unit felay pertama mulai dibuat dengan sitem berbasis pemutar pita kaset
dalam sebuah mesin perekam yang kemudian memainkan kembali setelah beberapa saat.Panjang delaynya
ditentukan oleh kecepatan putar pita diatas head perekam dan pemutar ulang.Pada akhir tahun 60'an
delay jenis transistor mengantikan fungsi delya jenis pemutar kaset.Namun pada awal 80'an,delay
jenis baru (yakni delya berbasis digital) telah menjadi unit delay yang lebih banyak digunakan
karena dapat menyediakan waktu delay yang lebih lama.Meskipun demikian akhir-akhir ini banyak orang
yang kembali pada delay jenis transistor (analog) karena sound yang dihasilkan digital delay dianggap
terlalu steril.Well sebenarnya waktu delay yang sungguh kita perlukan dan benar-benar efektif biasanya
pada rentang waktu kuranng dari 1 detik bukan?
Mari kita buktikan semua itu dengan mengenal jenis-jenis delay berikut:
1.Slapback,delay yang mempunyai rentang waktu *50ms-100ms dan disetel kencang pada mix dengan satu kali pengulangan.
Biasanya dugunakan untuk rekaman lagu-lagu rock 'n roll.
2.Ambient,delay yang memiliki rentang waktu 15ms-400ms dan disetel cukup lembut pada mix dengan pengulangan lebih
dari satu kali.Biasanya digunakan untuk menambah efek ambient pada sound gitar agar tidak terkesan monoton
(jika kau dapatkan setelan yang pas,kita dapat meniru efek reverb)
3.Rhitmic,delay yang rentang waktunya 200ms-1000ms dan disetel cukup kencang pada mix dengan satu kali pengulangan kencang.
Kadang-kadang dengan beberapa pengulangan lembut.Delay ini juga berhubungan dengan tempo yang sedang kau mainkan sebab
delay ini biasanya bertujuan untuk mendapatkan pengulangan nada seperenambelas,seperdelapan, atau seperempat (atau nada
tripet bertitik yang setara).
4.Canon,delay yang rentang waktunya 800ms-5000ms.Digunakan untuk menciptakan bagian musikal tambahan (biasanya satu sampai
empat birama).Hal ini memmungkinkan gitaris duet sendirian atau hanya untuk ajang pamer keahlian ^^.
*) milisekon
Agar penggunaan delay lebih optimal,dibawah ini ada beberapa aturan umum yang bisa jadi acuan dalam mencari sound yang diinginkan
1.Tidak jadi masalah jika delay terdengar lebih cepat dari nada tercepat yang dimainkan.
2.Bila nada yang dimainkan sama dengan kecepepatan delay maka akan menghasilkan nada yang bertabrakan.
3.Kamu bisa ciptakan harmoni melalui tangga nada dengan melakukan double time (Saat tangga nada bergerak satu nada tiap waktu maka
dua nada berikutnya akan terharmonisasi sehingga menimbulakan tangga nada parararel dengan interval ketiga).
4.Mainkan ritme nada bertitik dengan delay polos.
5.JUga mainkan delay bertitik dengan ritem polos.
6.Delay akan makin terdengar jelas seiring semakin pendek nadanya
7.Memulai nada dengan teknik fade-in akan menimbulkan kesan suara seperti alat musik tiup.
8.Untuk duet gunakan waktu delay yang lebih lama.
9.Delay kadang terdengar tidak seperti delay. Read Full...
dimainkan (terdengar),bisa berupa pengulangan satu kali atau bisa berupa pengulangan beberapa
kali.Pada tahun 50'an,unit felay pertama mulai dibuat dengan sitem berbasis pemutar pita kaset
dalam sebuah mesin perekam yang kemudian memainkan kembali setelah beberapa saat.Panjang delaynya
ditentukan oleh kecepatan putar pita diatas head perekam dan pemutar ulang.Pada akhir tahun 60'an
delay jenis transistor mengantikan fungsi delya jenis pemutar kaset.Namun pada awal 80'an,delay
jenis baru (yakni delya berbasis digital) telah menjadi unit delay yang lebih banyak digunakan
karena dapat menyediakan waktu delay yang lebih lama.Meskipun demikian akhir-akhir ini banyak orang
yang kembali pada delay jenis transistor (analog) karena sound yang dihasilkan digital delay dianggap
terlalu steril.Well sebenarnya waktu delay yang sungguh kita perlukan dan benar-benar efektif biasanya
pada rentang waktu kuranng dari 1 detik bukan?
Mari kita buktikan semua itu dengan mengenal jenis-jenis delay berikut:
1.Slapback,delay yang mempunyai rentang waktu *50ms-100ms dan disetel kencang pada mix dengan satu kali pengulangan.
Biasanya dugunakan untuk rekaman lagu-lagu rock 'n roll.
2.Ambient,delay yang memiliki rentang waktu 15ms-400ms dan disetel cukup lembut pada mix dengan pengulangan lebih
dari satu kali.Biasanya digunakan untuk menambah efek ambient pada sound gitar agar tidak terkesan monoton
(jika kau dapatkan setelan yang pas,kita dapat meniru efek reverb)
3.Rhitmic,delay yang rentang waktunya 200ms-1000ms dan disetel cukup kencang pada mix dengan satu kali pengulangan kencang.
Kadang-kadang dengan beberapa pengulangan lembut.Delay ini juga berhubungan dengan tempo yang sedang kau mainkan sebab
delay ini biasanya bertujuan untuk mendapatkan pengulangan nada seperenambelas,seperdelapan, atau seperempat (atau nada
tripet bertitik yang setara).
4.Canon,delay yang rentang waktunya 800ms-5000ms.Digunakan untuk menciptakan bagian musikal tambahan (biasanya satu sampai
empat birama).Hal ini memmungkinkan gitaris duet sendirian atau hanya untuk ajang pamer keahlian ^^.
*) milisekon
Agar penggunaan delay lebih optimal,dibawah ini ada beberapa aturan umum yang bisa jadi acuan dalam mencari sound yang diinginkan
1.Tidak jadi masalah jika delay terdengar lebih cepat dari nada tercepat yang dimainkan.
2.Bila nada yang dimainkan sama dengan kecepepatan delay maka akan menghasilkan nada yang bertabrakan.
3.Kamu bisa ciptakan harmoni melalui tangga nada dengan melakukan double time (Saat tangga nada bergerak satu nada tiap waktu maka
dua nada berikutnya akan terharmonisasi sehingga menimbulakan tangga nada parararel dengan interval ketiga).
4.Mainkan ritme nada bertitik dengan delay polos.
5.JUga mainkan delay bertitik dengan ritem polos.
6.Delay akan makin terdengar jelas seiring semakin pendek nadanya
7.Memulai nada dengan teknik fade-in akan menimbulkan kesan suara seperti alat musik tiup.
8.Untuk duet gunakan waktu delay yang lebih lama.
9.Delay kadang terdengar tidak seperti delay. Read Full...
Mengenal Karakter Efek Gitar (Reverb)
Saat kita bernyanyi di kamar mandi,kita mendengar suara kita
dan
sisa suara yang bercampur dengan pantulan suara dari keramik kemudian
tedengar terlambat ke telinga kita.Karena suara yang terpantul dari
beberapa permukaan,kita tidak hanya mendengarkan satu echo (delay); apa yang kita dengar merupakan beberapa campuran delay yang berbeda seiring dengan echo
tersebut.Pada umunya reverb adalah karakter alami dari ruangan dimana
suatu lagu direkam namun pada saat ini efekreverb digunakan guna
mengimbangi suara studio yang steril sehingga lagu yang direkam tidak
terkesan datar.
Berikut ini adalah jenis-jenis reverb :
- Natural Reverb : jenis ini merupakan suara yang paling kompleks dan masih digunakan oleh ahli tata suara.Efek yang dihasilkan di studio cukup dengan menjauhkan mikropon dari speake gita sehngga suara alami dari studio dapat terdengar.
- Spring Reverb (Reverb Pegas) :reverb bersuara metalik dan kasar, biasanya meluruh dengan decay (waktu luruh ) yang panjang (2000ms atau lebih).Saat memainkan nada stacdato reverbpegas sering menghasilkan efek suara "tuing" .
- Plate Reverb : efek reverb ringan dari alat reverb plat metal pada tahun 60'an dan 70'an.
- Digital Reverb : pada awal tahun 90'an, reverb digital sudah menjadi hal yang lumrah, namun yang menarik adlah efek multi guna ini basanya digunakan untuk meniru ketga jenis reverb diatas
Mengenal Karakter Efek (Overdrive/Distorsi)
Disaat
sinyal gitarmu pada ampli terlalu keras atau disetel tinggi maka dapat
terjadi clipping (distorsi).Distorsi bisa merubah karakter gitarmu
secara radikal karena efek ini merubah mengubah keseimbangan frekuensi
dengan cara menaikan harmoni ke level yang lebih tinggi.Penemuan
distorsi sebenarnya merupakan proses ketidaksengajan yakni saat seorang
gitaris yang tidak sengaja menjatuhkan ampli pada saat sesei rekaman
sehingga muncul suara sember dari ampli yang agak rusak tersebut.
Distorsi pada umumnya dibagi menjadi tiga kelompok yakni Distorsi,Overdrive, dan Fuzz.Alasan
mengapa distorsi terbagi menjadi tiga jenis tersebut dikarenakan setiap
jenis distorsi ini merupakan ciri khas dari genre musik tertentu.
Karakter Fuzz , mengambarkakan
ciri khas permainan musik rock pada era 60'an (pada era Hendrix
utamanya).Salah satu pedal fuzz terkenal adalah Fuzz Face.Namun saat ini
efek Fuzz jarang sekali digunagakan karena karakter distorsinya terlalu
radikal.
Karakter Distorsi, pada umumnya
terjadi karena clipping pada ampli jenis solid-state atau amlpi yang
berbasir transistor sehingga menimbulkan clipping yang kasar.Biasanya
pedal distorsi digunakan pada genrehead-banger misalkan rock dan metal maupun yang pop.Boss DS-1 merupakan contoh pedal distorsi yang sering digunakan
Karakter Overdrive, sering kita dengar suara distorsi yang terkompresi dan sound-nya yang warm & smooth.Inilah karakter distorsi yang pleksibel sehingga dapat digunakan hampir pada semua genre
musik.Oleh karena itu banyak gitaris yang cenderung memilih overdrive.Bukan itu saja, karakter soft-clipping dari overdrive tidak membuat sinyal gitar kehilangan detail suara tertentu.
So , the choice it's u're
Read Full...
Review Seymour Duncan stk-s10
Ketika Yngwie J. Malmsteen berangkat pada quest untuk membawa nada ke tingkat yang lebih tinggi, ia berpaling ke Seymour Duncan. Hasil dari ratusan jam mengejar nada intens adalah Fury YJM: hanya tersedia dari Seymour Duncan.Hum-canceling single-coil berukuran pikap berdasarkan asli desain kami Stack ® pickup. Direkomendasikan untuk rock, neo-klasik, rusak, hard rock, power metal, dan pickup jembatan berat metal.The yang agresif dan menangani memukul keras serangan chordal Yngwie. Pickup leher menyeimbangkan teknik tangan kiri cairan Yngwie dengan campuran luas nya tangan kanan mengambil serangan untuk nada yang manis dan cairan, namun dengan artikulasi yang besar dan responsif untuk seri YJM dynamics.The termasuk pickup jembatan berdedikasi dan leher terpisah / pickup menengah . Pickups dapat dibeli secara terpisah, dalam tiga set pickup, atau dalam pra-kabel pickguard siap untuk jatuh ke gitar Strat Anda dengan pola 11-lubang sekrup "USA". Yang dimuat pickguard termasuk "no lube" potensiometer volume yang memenuhi tuntutan Yngwie untuk Fury YJM sangat cepat dan responsif pot.The langsung akan retrofit gitar dilengkapi paling single-coil. Meskipun awalnya dirancang untuk Strat Fender ® dengan fingerboard maple bergigi, Fury YJM akan bekerja dengan baik dengan gitar bolt-on yang memanfaatkan pickup tradisional Strat single-coil-size. The Fury YJM adalah pickup yang sama yang diinstal dalam Fender gitar YJM mereka Strat. Read Full...
Effek Gitar Lokal, Murah Tapi Gak Murahan!
M&R Lanchor
FX
ini adalah cloningan dari DOD 308 YJM, yang sudah dilakukan modifikasi
dengan menambahkan knop tone, select dioda dan select mode, gw demen
banget nih ma soundnya manthabs abis.Harganya relatif
murahlho..tertarik? klik disini
Rahasia Rack Effect Yngwie
Dari atas kebawah:
-
Samson Wireless reciever (di atas rack case-nya) - Furman Power Conditioner
- E-MU Vintage Keys Module
- 2 x Korg DL8000R (digital delay units).
- TC Electronics G Force
Dibagian rack slider: - DOD 250 Overdrive
- Boss OC-2 Octave
- 2 x Boss NS-2 Noise Suppresor
- Boss BF-2 Flanger
- Ibanez TS-9 Tubescreamer
Behringer VM 1
BEHRINGER VM1 Time Machine Vintage - analog delay yang benar, hingga 450ms gema organik untuk menyaingi keterlambatan rekaman, chorus bersemangat dan pikiran-lipatan vibrato, delay, chorus berdedikasi / vibrato, umpan balik, campuran dan tingkat kontrol untuk suara mengagumkan membentuk, status biru LED untuk efek on / off dan cek baterai, bypass tertanam berlaku untuk sinyal integritas tertinggi, termasuk 9V power supply.
Yngwie Malmsteen
Era 80'an adalah masa di mana permainan gitar rock berkembang sangat dinamis. Diawali oleh Eddie Van Hallen, lalu berurutan bermunculan puluhan monster gitar dengan skill permainan yang mencengangkan. Sebutlah di antaranya Randy Rhoads, George Lynch, Marty Friedman, Jason Becker, Vinni Moore, Gary Moore, Steve Vai, Joe Satriani, Paul Gilbert, hingga Yngwie Malmsteen. Nah, nama yang disebut paling akhir inilah kerap dianggap paling sensasional (di samping Eddie Van Halen, tentunya).
Majalah gitar bergengsi di Amerika, Guitar World, menyebut Yngwie sebagai shredder terbaik sepanjang masa. Alasannya, ketika gitaris asal Swedia tersebut muncul pertama kali di depan publik Amerika bersama band Steeler pada tahun 1983, karakter permainannya yang cepat bergaya neo-classical metal, yakni menggabungkan unsur blues, rock, serta pengaruh klasik yang kuat dianggap sebagai sesuatu yang baru, Menurut majalah itu, belum pernah ada gitaris yang bermain secepat itu. Yngwie yang saat itu baru berusia 19 tahun bisa mencapai teknik permainan gitar yang untuk ukuran masa itu bahkan belum sempat terpikirkan bisa dilakukan siapa pun.
Bersama Steeler, Yngwie sempat ikut rekaman satu album berjudul 'Steeler' (1983), rilisan Shrapnel Records. Menurut pengakuan Yngwie, ia mengisi semua part gitar di album tersebut hanya dalam satu hari! Masih di tahun yang sama, Yngwie bergabung di grup Alcatrazz dan merilis 'No Parole for Rock and Roll' dan Live Sentence. Tahun berikutnya, Yngwie meninggalkan Alcatrazz (posisinya lantas digantikan oleh Steve Vai) untuk membentuk bandnya sendiri dan merilis 'Rising Force', album yang semakin menegaskan reputasinya sebagai shredder paling disegani.
Buat kamu yang belum pernah melihat sepak terjang Yngwie di puncak kejayaannya, DVD inilah jawabannya. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 75 ribu (sangat murah untuk ukuran video berformat DVD), kita sudah bisa menikmati atraksi panggung Yngwie paling fenomenal di dua rekaman konser sekaligus, yakni di Jepang (1985) dan Leningrad, Uni Sovyet (sekarang Rusia) tahun 1989 dengan dukungan tata suara berkualitas 5,1 digital surround sound.
Konser 'Live in Japan' (direkam dari konser di Nakano Sun Plaza, Tokyo, 24 Januari 1985, merupakan bagian dari rangkaian tur 'Rising Force World Tour') berdurasi 85 menit dan menampilkan formasi Yngwie, Jeff Scott Soto (vokal), Marcel Jacob (bas), Jens Johansson (kibor), dan Anders Johansson (drum). DI sini Yngwie antara lain menggeber lagu 'I'll See The Light Tonight', 'Far Beyond The Sun', 'I'm A Viking', dan 'Black Star'.
Permilihan lagu berbeda bisa dinikmati di menu 'Live in Leningrad' yang direkam dari konser di SKK Stadium. Dengan formasi Yngwie, Joe Lynn Turner (vokal), Jens Johansson (kibor), Anders Johansson (dram), dan Barry Dunaway (bas), Yngwie membawakan lagu-lagu seperti 'Rising Force', 'Liar', 'Queen in Love', 'You Don't Remember, I'll Never Forget', 'Heaven Tonight' serta atraksi gitar solo di komposisi 'Trilogy Suite Op5/Spasebo Blues'. Semua lagu yang disuguhkan di kedua konser tersebut berasal dari album 'Rising Force' (1984), 'Marching Out' (1985) dan 'Trilogy' (1986)
Selain itu, juga ada bonus video klip lagu 'Bedroom Eyes', 'Heaven Tonight', dan 'Save Our Love' (dari album 'Eclipse' 1990) serta sebuah rekaman wawancara dengan Yngwie di tahun 2006. Tapi yang lebih menarik lagi, ada juga tambahan bonus berupa tabulasi gitar di video 'You Don't Remember, I'll Never Forget' dan 'I'll See The Light Tonight', sehingga kita bisa langsung mengetahui dengan persis not yang dimainkan Yngwie dan ikutan jamming bersamanya di kedua lagu tersebut. Sebuah kemasan yang sangat memuaskan! (mdy)
diwnload link lagy2 yngwie di sini Read Full...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar